imejing-mulai-agustus-2023-pengguna-qris-bisa-transfer-tarik-dan-setor-tunai

Imejing !!! Mulai Agustus 2023 Pengguna QRIS Bisa Transfer, Tarik dan Setor Tunai

Jun 27, 2023

[SH] Standar Kode Respon Cepat Indonesia (QRIS) akan segera memperkenalkan tiga fitur baru yang akan meningkatkan kemampuannya. Fitur baru tersebut adalah transfer, tarik tunai, dan setor tunai.

Mulai Agustus 2023, fitur tersebut akan tersedia bagi pengguna QRIS. Informasi tersebut dirilis Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filaningsih Hendart dalam keterangannya kepada Antara News. Menurut Filianingsih, saat ini sudah ada 16 kontributor yang siap menjajal fitur baru ini. Tes akan berlangsung mulai 2021, dengan peluncuran awal di Bali pada 2022. Fitur-fitur baru ini diharapkan akan diluncurkan secara resmi pada peluncuran besar-besaran pada bulan Agustus.

Selama ini QRIS hanya digunakan sebagai metode pembayaran nontunai melalui transaksi elektronik. Ketiga fitur baru ini kami harapkan dapat meningkatkan kualitas layanan sistem pembayaran digital. Pertama, disediakan fungsi-fungsi seperti transfer tunai, penarikan, dan penyetoran, sehingga sumber dana dioptimalkan, dan diharapkan dapat digunakan tidak hanya sebagai setoran tetapi juga sebagai uang elektronik dalam berbagai cara. Kedua, Filianingsih juga berharap adanya peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas.

Artinya, fitur transfer, tarik tunai, dan setor tunai di QRIS dapat digunakan antara bank dengan bank, bank dengan lembaga non-bank, serta lembaga non-bank dengan lembaga non-bank. Terakhir, fitur-fitur ini diharapkan dapat mendorong inklusi keuangan karena nantinya semua fitur ini bisa digunakan di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Dalam kata lain, selama ada pedagang yang menggunakan QRIS, transaksi transfer, tarik tunai, maupun setor tunai dapat dilakukan di daerah-daerah yang tidak memiliki ATM atau bank. Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga mengklaim bahwa penggunaan QRIS semakin meluas di Indonesia. Pada Mei 2023, jumlah pengguna dan merchant QRIS masing-masing mencapai 35,8 juta dan 26,1 juta. Hasilnya, volume transaksi mencapai 744 juta.

Cara menggunakan fungsi transfer QRIS, tarik tunai, dan setor tunai

Cara menggunakan fungsi transfer, tarik tunai, dan setor tunai dengan QRIS adalah sebagai berikut.

Cara menggunakan QRIS untuk transfer:

* Pindai kode QRIS yang dibuat oleh penerima.

* Pilih sumber dana yang akan digunakan.

* Masukkan jumlah transfer.

* Silakan masukkan kata sandi.

* Anda akan melihat pemberitahuan yang memberitahu Anda jika transfer berhasil.

Cara tarik tunai menggunakan QRIS:

* Scan kode QRIS Anda di ATM atau di merchant QRIS manapun yang bertindak sebagai agen atau partner tarik tunai.

* Harap beri tahu kami jumlah yang ingin Anda tarik.

* Pilih sumber dana yang akan digunakan.

* Pastikan jumlah penarikan sesuai.

* Silakan masukkan kata sandi.

* Dalam hal penjual atau agen, saldo ditransfer ke rekening penjual dan dapat ditransfer ke pengirim. Keuntungan dari fitur ini adalah pengguna dapat menarik uang tunai dari ATM tanpa memerlukan rekening bank khusus. Misalnya, pengguna dapat menarik uang tunai dari rekening uang elektronik (EU) PJP mereka.

Cara menyetor uang tunai menggunakan QRIS:

* Kunjungi ATM atau toko yang berpartisipasi dengan QRIS yang menerima uang tunai.

* Infokan jumlah deposit.

* Masukkan uang ke ATM atau transfer uang ke agen/mitra Anda.

* Pindai kode QRIS yang ditampilkan di ATM atau dealer.

* Anda akan diberitahu bahwa transaksi Anda telah berhasil diselesaikan.

Fitur Setoran Tunai QRIS memungkinkan pengguna menyetor uang tunai menggunakan kode QRIS mereka. Fitur ini menggunakan metode push payment dimana deposan menunjukkan kode QRIS mereka ke mesin setor tunai (CDC/ATM) atau scanner di merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra setor tunai.