apple-meluncurkan-produk-baru-kacamata-augmented-reality-ar-yang-disebut-vision-pro

Apple meluncurkan produk baru kacamata augmented reality (AR) yang disebut Vision Pro

Jun 06, 2023

Apple meluncurkan produk baru pertamanya sejak 2014. Produk baru tersebut adalah kacamata augmented reality (AR) yang disebut Vision Pro, dengan harga mulai dari $3.499. Apple Vision Pro akan bersaing dengan kacamata meta AR yang disebut Quest. Produk akses "Metaverse", yang populerkan oleh Mark Zuckerberg, harganya jauh lebih murah daripada Apple Vision Pro. Kacamata augmented reality generasi terbaru yang tersedia di pasaran, Meta Quest 2, mulai dari $299,99. Quest 3 mendatang akan dibandrol dengan harga $499,99.

Seperti yang ditunjukkan oleh CEO Apple Tim Cook, pengguna Vision Pro dapat menjentikkan jari dan menggesek layar untuk memilih konten berbeda di dalam kacamata mereka. Kacamata tersebut juga dapat dilengkapi dengan kamera 3D dan mikrofon untuk merekam video dan mengambil foto 3D. Apa yang membedakan Vision Pro dari kacamata lain adalah kemampuannya menampilkan mata Anda untuk dilihat orang lain.

Pengguna dapat memilih untuk membenamkan diri sepenuhnya di dunia virtual. Dengan kata lain, itu bisa menggelapkan keseluruhan pandangan Anda tentang dunia nyata. Ketika orang lain dalam mode virtual mendekat, mereka dapat melihat satu sama lain.

Vision Pro akan tersedia di AS mulai awal 2024, dan negara lain dalam beberapa bulan. IDC memperkirakan bahwa sekitar 80% perangkat AR/VR yang dijual di pasaran dibuat oleh Meta. “Perbedaan utamanya adalah Zuckerberg ingin menciptakan dunia virtual yang berinteraksi dengan pengguna, sementara Apple ingin “memperluas” dunia nyata dengan tetap berada di dalamnya” (Analis Strategi Kreatif Carolina Milanesi, 2023). Selain Meta dan Apple, Sony Group dan perusahaan induk TikTok, ByteDance, juga telah meluncurkan suite virtual reality (VR). IDC memperkirakan sekitar 8,8 juta kacamata VR/AR terjual tahun lalu.