ai-bisa-tebak-password-anda-dalam-hitungan-detik

AI Bisa Tebak Password Anda dalam Hitungan Detik

Apr 11, 2023

Kecerdasan buatan (AI) menjadi populer karena kegunaannya untuk membantu tugas sehari-hari. Namun AI juga menimbulkan risiko keamanan, karena dapat digunakan untuk menebak kata sandi dengan cepat dan akurat.

Home Security Heroes baru saja merilis laporan yang menunjukkan bagaimana kecerdasan buatan AI dapat memecahkan kata sandi. Mereka memproses lebih dari 15,6 juta kredensial dari kumpulan data Rockyou menggunakan platform peretas kata sandi PassGAN password generative adversarial network). Menggunakan AI modern, PassGAN dapat memecahkan 51% kata sandi umum dalam waktu kurang dari satu menit, 65?lam waktu kurang dari satu jam, 71?lam waktu kurang dari sehari, dan 81?lam waktu kurang dari sebulan. Sistem ini lebih baik dalam menebak dan memecahkan kata sandi oleh AI karena tidak memerlukan penguraian kata sandi secara manual menggunakan database yang ada. PassGAN dapat secara mandiri mempelajari distribusi kata sandi asli dari kata sandi yang bocor. Cara baru ini tentunya dapat membuat para pengguna internet lebih memperhatikan keamanan akun online mereka. Namun, ada banyak cara untuk mencegah AI menebak kata sandi dengan mudah. Anda harus menggunakan kata sandi minimal 12 karakter untuk melindungi akun Anda dari platform kecerdasan buatan yang menebak kata sandi. Kata sandi harus berisi kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Waktu yang dibutuhkan AI untuk membobol password

ai

Password 12 digit yang hanya menggunakan angka dapat ditebak dalam 25 detik. Menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, dibutuhkan AI setidaknya 289 tahun untuk menguraikannya. Namun, untuk seaman mungkin, gunakan kode sandi 18 digit yang berisi kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Selain menggunakan kata sandi yang kuat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk lebih melindungi akun online Anda, seperti mengaktifkan 2FA, memperbarui kata sandi secara berkala, tidak menggunakan kata sandi yang sama, dan tidak pernah menggunakan Wi-Fi publik untuk mengakses perbankan online atau akun penting lainya.